Skip to main content

Filosofi Kartu Remi


Hampir semua orang pernah memainkan permainan kartu atau biasa disebut juga dengan kartu remi. Kartu remi sering digunakan dalam permainan sulap, meramal atau permainan kartu biasa. Tapi tahu gak sih sejarah di balik kartu remi atau filosofi di balik kartu remi? Seperti kenapa kartu remi berjumlah 52? Kenapa terdapat 4 suit atau jenis kartu (Spade, Heart, Diamond, Club) dengan dua warna yang berbeda (hitam dan merah)? Nah, pada kesempatan ini kami akan membahas tentang semua pertanyaan tersebut.

Para ahli sejarah menduga, kartu remi adalah hasil evolusi atau perkembangan dari permainan catur yang dimainkan oleh penggembala di Asia Barat. Kartu remi yang umumnya kita gunakan saat ini adalah kartu remi Inggris. Oleh karena itu kita mengenal nama-nama dalam kartu remi seperti Jack, Queen, King dan As. Inggris dulunya merupakan sebuah kerajaan sehingga apabila kita cocokkan antara nama-nama dalam kartu remi dengan segi kekerajaan maka akan kita dapatkan data seperti berikut.


  1. King (K) pada kartu remi adalah raja, dimana raja adalah pemegang jabatan atau kekuasaan tertinggi di suatu kerajaan.
  2. Queen (Q) adalah ratu, dimana di suatu kerajaan ratu adalah pendamping raja/ king. Hal ini berarti Queen (Q) berada satu level di bawah kartu King (K).
  3. Jack (J) layaknya pangeran atau penasehat kerajaan, hal ini berarti kartu Jack (J) berada di bawah King (K) atau Queen (Q).
  4. Sementara kartu Ace (A) seperti kesatria andalan suatu kerajaan, seseorang yang dapat membawa kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya. Seperti Gaja Mada pada Kerajaan Majapahit. 
Lalu mengapa kartu remi berjumlah 52 dan memiliki 4 suit dengan dua warna yang berbeda?

  1. Jumlah kartu remi adalah 52 (tidak ditambah dengan joker), hal ini melambangkan jumlah minggu dalam setahun.
  2. Lalu kenapa harus 52 kenapa tidak 58? Angka 5 dan 2 apabila dijumlahkan akan diperoleh angka 7. Angka 7 ini melambangkan jumlah hari dalam satu minggu.
  3. Dan mengapa terdapat 4 suit dalam kartu remi? 4 suit atau jenis dalam kartu remi melambangkan jumlah musim di Eropa. Dimana;
    • Waru (Spades) melambangkan musim dingin. 
    • Hati (Hearts) melambangkan musim gugur. 
    • Keriting (Clubs) melambangkan musim panas. 
    • Wajik (Diamonds) melambangkan musim semi. 
      • NB: Dalam permainan Poker, suit paling tua/ kuat adalah seperti urutan di atas.
  4.  Dalam setiap suit terdapat 13 kartu. Angka 13 ini melambangkan jumlah minggu dalam satu      musim di Eropa. 
  5. Warna hitam dan merah melambangkan siang (merah) dan malam (hitam).
  6. Jika angka di setiap kartu dijumlahkan maka akan diperoleh hasil 364, dimana 364 adalah jumlah hari dalam kalender Masehi.
Selanjutnya kita akan membahas mengenai kartu-kartu Ace, King, Queen, Jack dan Joker.

Pict from Here
1. Ace 
Kartu Ace (A) menduduki peringkat tertinggi dalam permainan remi. Seperti yang telah dijelaskan, kartu Ace (A) seperti kesatria andalan suatu kerajaan, seseorang yang dapat membawa kerajaan tersebut mencapai puncak kejayaannya. Layaknya senjata pamungkas, kartu Ace sering disimpan di akhir permainan sebagai kunci kemanangan.

2. King
Kartu King (K) adalah kelas kartu tertinggi kedua setelah Ace. Tahukah anda bahwa setiap gambar raja di kartu remi merupakan raja-raja yang berbeda yang diambil dari raja-raja besar di dunia nyata. 
  • King of Spades adalah Raja Daud atau Raja David.
  • King of Hearts adalah Raja Salomo atau Raja Cherlemagne.
    • NB: Tahukah anda bahwa pada gambar King of Heart, sang raja pada gambar menancapkan pedangnya sendiri di kepalanya. Hal ini dikarenakan Raja Salomo diceritakan tewas bunuh diri karena kalah perang dengan Alexander Agung. 
  • King of Clubs adalah Raja Alexander Agung.
  • King of Diamonds adalah Raja Julius Caesar.
Pict from Here
3. Queen
Kartu Queen (Q) merupakan kelas kartu yang berada satu level di bawah kartu King (K). Sama halnya dengan kartu king, pada setiap gambar di kartu Queen diambil dari ratu-ratu yang pernah hidup di dunia nyata.
  • Queen of Spades adalah Pallas Athena.
  • Queen of Hearts adalah Judith.
  • Queen of Clubs adalah Arginie.
  • Queen of Diamons adalah Racher. 
4. Jack 
Karu Jack (J) merupakan kartu yang memiliki tingkat di bawah queen. Gambar pada kartu Jack (J) juga diambil dari tokoh-tokoh besar yang pernah hidup di dunia.
  • Jack of Spades adalah Holger Danske.
  • Jack of Hearts adalah La Hire.
  • Jack of Clubs adalah Sir Lancelot.
  • Jack of Diamonds adalah Hector.
Kartu Joker
Pict from Here
Kartu Joker dalam permainan kartu remi memiliki penggunaan yang bervariasi. Jika dikaitkan dengan tingkat kekerajaan-an, maka joker adalah seorang Hofnar atau badut kerajaan. Badut kerajaan biasanya dapat diterima dan diperbolehkan bebas pergi keluar masuk atau mondar-mandir di sekitar kerajaan. Mungkin hal itulah yang membuat kartu joker memiliki tingkatan tertinggi (lebih tinggi daripada Ace) di suatu permainan kartu remi dan juga bisa menempati tingkat terendah atau tidak dihiting.

Pict from Here
Itu dia filosofi atau sejarah di balik kartu remi. Mungkin banyak yang sudah tidak asing dengan permainan kartu yang satu ini, namun tidak banyak yang mengetahui latar belakangnya. Mereka umumnya hanya memainkan saja tanpa berkeinginan untuk sekedar mencari tahu sejarahnya.

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".