Skip to main content

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bum
Source Dinosaurus

Dinosaurus adalah kelompok hewan purbakala dari klad Dinosauria. Dinosaurus pertama kali muncul pada periode Trias, sekitar 230 juta tahun yang lalu, dan merupakan vertebrata dominan selama 135 juta tahun. Jumlah dinosaurus sangat beragam dan sangat banyak dilihat dari fosil-fosil yang pernah ditemukan. Tetapi masih banyak juga rahasia yang belum kita tahu dari dinosaurus. Dinosaurus memiliki ukuran yang beragam, dari yang sangat kecil ke sedang hingga ke ukuran yang sangat besar.
Berikut ini kita akan membahas tentang "10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi".

1. Giraffatitan
Giraffatitan, yang berarti "Jerapah Raksasa", adalah dinosaurus genus sauropod yang hidup di akhir Periode Jurassic. Giraffatitan dinamai berdasarkan ahli paleontologi asal Jerman Werner Janenschin tahun 1914. Fosil Giraffatitan pertama kali ditemukan di formasi batuan Tendaguru dekat dengan Lindi, Tanzania, Afrika. Giraffatitan dapat tumbuh hingga memiliki berat 37,5 ton dan memiliki panjang yang sama dengan total panjang 'Gedung Putih' di Amerika Serikat. Giraffatitan dinamakan berdasarkan hewan jerapah karena memiliki leher yang sangat panjang. Panjang leher Giraffatitan adalah setengah dari panjang total tubuhnya. Pada tulang lehernya memiliki rongga sehingga membuat leher dari Giraffatitan menjadi ringan. 

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Giraffatitan
2. Futalognkosaurus
Futalognkosaurus berarti "Kepala kadal raksasa." Futalognkosaurus merupakan salah satu dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan. Panjang tubuhnya mencapai 32-34 meter lebih panjang dari panjang tubuh paus biru, dengan berat mencapai 50-70 ton. Futalognkosaurs adalah hewan herbivora yang hidup pada akhir masa Cretaceous 87 juta tahun yang lalu. Fosil dinosaurus ini pertama kali ditemukan di Provinsi Neuquen, Argentina pada tahun 2000. Namanya berasal dari bahasa setempat yaitu bahasa Mapudungan. 

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Futalognkosaurus
3. Elaltitan
Elaltitan adalah dinosaurus lithostrorian titanosaur sauropoid yang sudah punah. Elaltitan hidup pada akhir masa Cretaceous. Dapat tumbuh hingga memiliki berat 47 ton. Meskipun ukurannya sangat besar Elaltitan termasuk hewan herbivora. Elaltitan memiliki tinggi 98 kaki (30 m) atau setara dengan total tinggi 6 jerapah. Berat badannya setara dengan berat 28 Kuda Nil. Fosil Elaltitan pertama kali ditemukan di Amerika Selatan.

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Elaltitan
4. Turiasaurus
Turiasaurus berarti "Kadal Turia". Turia adalah nama latin dari kota Teruel. Turiasaurus adalah dinosaurus genus sauropod yang hidup pada masa Jurassic sampai masa Crutaceous. Turiasaurus diyakini sebagai dinosaurus terbesar yang pernah ditemukan di Eropa dengan berat mencapai 56,1 ton. dan panjang mencapai 36-39 meter. Memiliki panjang 2 kali dari panjang 'Mount Rushmore Face'. Tulang bahu pada dinosaurus ini memiliki panjang yang sama dengan tinggi badan orang dewasa. 

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Turiasaurus
5. Brachiosaurus
Brachiosaurus adalah salah satu jenis dinosaurus herbivora dari kelompok saurischia pinggul dan termasuk ke dalam kelompok sauropoda. Brachiosaurus adalah dinosaurus raksasa yang sudah dikenali dengan sangat baik. Nama ilmiah dari Brachiosaurus adalah mentresureo. Memiliki berat mencapai 62 ton, lebih berat daripada 2 mobil pemadam kebakaran. Memiliki otak dengan berat 6,5 ons (184 gram). Dinosaurus ini banyak muncul di berbagai film salah satunya film 'Jurassic Park'. Fosil dinosaurus ini ditemukan di Amerika Serikat, Portugal, Tanzania dan Algeria.

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Brachiosaurus
6. Sauroposeidon
Sauroposeidon adalah genus dinosaurus Brachiosaurid. Hal ini diketahui dari empat tulang leher yang ditemukan di Selatan Barat daya Oklahoma. Sauroposeidon berasal dari bahasa Yunani yaitu sairos yang berarti kadal dan Poseidon yang berarti dewa laut. Sauroposeidon memiliki berat mencapai 55-66 ton dan panjang 34 meter. Panjang leher dinosaurus ini mencapai 60 kaki (18 m), sama dengan panjang bus sekolah. Sauroposeidon merupakan dinosaurus tertinggi sepanjang masa dengan tinggi 60 kaki (18 meter).

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Sauroposeidon
7. Dreadnoughtus
Dreadnoughtus adalah genus dinosaurus titanosaurian sauropda yang hidup pada masa Cretaceous. Dinosaurus ini adalah salah satu dari dinosaurus terbesar dan termasuk dinosaurus terberat berdasarkan kalkulasi menggunakan bagian tulang dinosaurus ini. Berat mencapai 65,4 ton dan ditemukan pertama kali di Amerika Selatan pada tahun 2014. Berat dinosaurus ini 7 kali lebih berat daripada T-Rex serta lebih berat dari pesawat Boeing 737. 

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Dreadnoughtus
8. Paralititan
Paralititan, yang memiliki arti "Raksasa pasang surut" adalah dinosaurus raksasa genus titanosaurian sauropoda. Dinosaurus ini hidup antara 98 sampai 93 juta tahun yang lalu. Memiliki berat mencapai 88 ton dan ditemukan pertama kali di Mesir. Ditemukan secara tidak sengaja dikarenakan GPS yang error dan menyebabkan penemuan fosil Paralitian. Berat dinosaurus ini setara dengan berat 55 mobil. 

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Paralititan
9. Puertasaurus
Puertasaurus adalah dinosaurus genus titanosaurus sauropoda yang hidup pada akhir masa Cretaceous. Ditemukan pada tahun 2001 di Amerika Selatan. Memiliki berat mencapai 88-110 ton. Berat dinosaurus ini setara dengan 10 Gajah Afrika. Memiliki ruang yang cukup pada tulang rusuknya untuk diisi dengan seekor gajah.

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Puertasaurus
10. Argentinosaurus
Argentinosaurus adalah genus dinosaurus sauropoda yang pertama kali ditemukan oleh Guillermo Heredia di Argentina. Hidup sekitar 97 hingga 94 juta tahun yang lalu, pada masa kapur akhir. Argentinosaurus merupakan dinosaurus terbesar yang pernah diketahui. Memiliki berat mencapai 88 hingga 110 ton. Memiliki panjang yang sama dengan patung 'Christ The Redeemer' di Brazil. Telur dari dinosaurus ini sebesar bola American football. Pada saat pertama kali diketemukan yang terdapat/ ditemukan hanyalah penggalan-penggalan dari tulangnya saja.

10 Dinosaurus Terbesar Yang Pernah Hidup di Bumi
Source Argentinosaurus

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".