Skip to main content

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Fact or Myth?
Beberapa mungkin benar beberapa mungkin hanya kebohongan. Kita tidak tahu pasti kebenaran suatu mitos kecuali kita melakukan penelitian atau mengalaminya sendiri. Sering orang tua mengatakan kebohongan kepada anaknya agar anak tersebut tidak melakukan hal yang dianggap menyimpang. Beberapa kebohongan sering dianggap fakta oleh beberapa orang karena minimnya pengetahuan. Oleh karena itu kita seharusnya tidak mempercayai sesuatu tanpa tahu latar belakang yang belum jelas.  Berikut ini adalah "10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta".

1. Alkohol dapat menghangatkan tubuh?
Beberapa orang percaya bahwa minuman beralkohol seperti bir, vodka, arak dan wiski dapat menghangatkan tubuh kita saat kedinginan. Banyak orang percaya dikarenakan sering melihat orang yang berada di daerah yang bersuhu dingin sering meminum minuman beralkohol. Mereka percaya bahwa meminum minuman beralkohol dapat membuat suhu tubuh naik sehingga kita merasa hangat. 

Namun faktanya adalah alkohol dapat menurunkan suhu tubuh anda, sehingga malah akan mendinginkan tubuh anda. Di tempat yang dingin, alkohol yang diminum dapat mengakibatkan orang tidak mengetahui kalau tubuhnya mengalami hipotermia dan dapat mengurangi kadar air dalam tubuh. Daripada meminum alkohol untuk mendinginkan tubuh, kita lebih baik meminum wedang jahe. Selain lebih murah juga lebih sehat.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Vodka
2. Apakah kita lebih menggunakan salah satu otak kiri atau otak kanan?
Banyak orang mengira bahwa kemampuan analisis dan kreativitas berasal dari salah satu sisi bagian otak. Katanya apabila lebih dominan sisi otak bagian kanan maka kreativitas kita lebih berkembang sementara apabila lebih dominan sisi otak bagian kiri maka kita lebih condong ke arah berhitung dan analisis. Namun apakah benar sisi bagian otak mempengaruhi daya analisis serta kreativitas kita?

Faktanya adalah kreativitas serta daya analisis kita tidak dipengaruhi oleh penggunaan yang dominan antara sisi bagian kanan dan kiri otak. Kreativitas dan daya analisis berasal dari kedua bagian dari sisi otak.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Brain
3. Vitamin C dapat membantu untuk mencegah flu?
Banyak orang mengira bahwa mengkonsumsi banyak vitamin c dapat mencegah mereka dari terserang flu. Orang banyak-banyak mengkonsumsi makanan yang berkadar vitamin c tinggi seperti jeruk, agar mereka terhindar dari flu. Namun apakah benar vitamin c dapat membantu untuk mencegah flu?

Namun sayangnya hal ini tidak dapat membuat flu kamu sembuh. Faktanya adalah vitamin c tidak mempengaruhi kesembuhan seseorang karea flu. Namun hal tersebut tidak sepenuhnya salah, vitamin c dapat membantu mengurangi gejala-gejala flu. Tapi banyak orang terlalu banyak mengkonsumsi vitamin c sehingga melebihi dosis perhari. Kelebihan vitamin c juga dapat membuat kamu sakit seperti diare. Jadi apabila kita flu sebaiknya langsung meminum obat agar tidak menjadi lebih parah.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Vitamin C
4. Kolumbus orang pertama yang mengetahui bahwa bumi itu bulat?
Sejarah memanglah hal yang wajib kita pelajari sebagai makhluk di bumi. Namun tidak sepenuhnya ilmu sejarah mengatakan suatu kebenaran. Kolumbus diyakini adalah orang pertama yang mengetahui bahwa bumi itu bulat. Tapi benarkah Kolumbus adalah orang pertama yang mengetahui bahwa bumi itu bulat?

Faktanya adalah orang-orang pada zaman tersebut sudah mengetahui bahwa bumi itu bulat. Ia juga bukanlah orang pertama yang tiba di Amerika, benua yang ia temukan sudah diduduki. Ia juga bukan orang Eropa pertama yang tiba di Amerika, nyatanya diyakini secara meluas bahwa bangsa Viking telah berkunjung ke Amerika Utara pada abad ke-11.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Columbus

5. Bagian lidah mempengaruhi perbedaan rasa makanan?
Ilmu pengetahuan memang sangat diperlukan dalam kehidupan dan akan terus berkembang seiring berkembangnya zaman. Namun beberapa diantara kita mungkin salah mengira beberapa kajian di dalamnya. Seperti bagian-bagian lidah yang mempengaruhi perbedaan rasa. 

Faktanya adalah hal tersebut tidak mempengaruhi rasa pada saat kita merasakan makanan. Nyatanya adalah perbedaan rasa berasal dari seluruh bagian tubuh. Beda bagian lidah tetap merasakan rasa yang sama.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Taste
6. Kita memiliki 5 indra?
Ini mungkinlah hal yang paling sering kita anggap kebenaran karena hal ini mendekati fakta. Bahwa manusia memiliki lima indra yang masing-masing adalah indra perasa, pengelihatan, peraba, pencium, dan pendengaran. Namun apakah benar kita memiliki lima indra?

Faktanya adalah para peneliti percaya bahwa kita memiliki lebih dari lima indra.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Senses
7. Bunglon mengubah warna untuk berkamuflase?
Bunglon memanglah hewan yang sangat unik. Ia dapat berubah warna sehingga tampak lebih menarik. Bunglon berubah warna kapan saja dimana saja untuk menyamakan warnanya kulitnya agar sama dengan alam. Tetapi apakah benar bunglon merubah warna kulitnya untuk menyamakan dengan warna alam?

Hal tersebut tidak sepenuhnya salah namun faktanya adalah bunglon mengubah warna kulitnya sebagai pertanda atau sinyal terhadap moodnya, keagresifannya, serta untuk menunjukan wilayah kekuasaannya dan menarik lawan jenis. Intinya bunglon merubah warna kulitnya untuk berkomunikasi antara sesamanya.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Chameleon
8. Petir tidak menyambar tempat yang sama dua kali?
Banyak orang bilang bahwa berada di bawah pohon saat hujan badai dapat membahayakan Hal ini benar karena pohon dapat menghantarkan arus listrik begitu juga dengan tubuh manusia. Akan tetapi banyak juga orang yang mengatakan bahwa petir tidak akan menyambar tempat yang sama dua kali. Apakah benar?

Faktanya adalah petir dapat menyambar tempat yang sama berkali-kali. Banyak sekali gedung pencakar langit seperti 'Empire State Building' tersambar petir beberapa kali setiap tahunnya. 

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Lightning
9. Thomas Alda Edison menemukan bola lampu?
Thomas Alfa Edison adalah penemu yang sangat dihormati. Ia sangat banyak sekali melakukan percobaan dan hampir setiap percobaannya selalu gagal. Berkat ketekunan dan kerja kerasnya ia berhasil menyelesaikan percobaannya dan berhasil menemukan bola lampu. Namun, apakah memang Thomas Edison adalah penemu bola lampu?

Faktanya adalah lampu pijar sudah ada sebelum Thomas Alfa Edison ada. Nyatanya dia menciptakan filamen yang menyebabkan cahaya lampu pada lampu pijar semakin terang atau efektif.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Thomas Edison
10. Pterodactyl adalah dinosaurus?
Dinosaurus memanglah makhluk yang masih misterius yang pernah ada di bumi ada yang berukuran kecil, ada pula dinosaurus dengan ukuran besar yang pernah ada di bumi. Ada yang dianggap sebagai nenek moyang burung moderen ini yaitu Pterodactyl. Tapi apakah benar Pterodactyl adalah dinosaurus?

Faktanya adalah Pterodactyl adalah termasuk dari Pterosaurus. Mengatakan bahwa Pterosaurus termasuk dinosaurus adalah sama halnya mengatakan bahwa manusia merupakan evolusi dari kera. Banyak orang awam yang mengira bahwa Pterodactyl adalah dinosaurus padahal bukan. Jadi ketahuilah diri anda bahwa Pterodactyl bukanlah dinosaurus.

10 Kebohongan Yang Orang Pikir Adalah Fakta
Source Pterodactyl

Pastikan fakta-fakta di atas membuat kamu lebih pintar dan buatlah temanmu terpukau dengannya. Baca juga fakta-fakta menarik lainnya di sini.

Popular posts from this blog

20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia

Source  Image Terkadang hewan yang memiliki penampilan lucu belum tentu jinak dan dapat dipelihara. Faktanya, banyak spesies hewan yang memiliki penampilan yang cantik dan lucu  dapat juga membahayakan bahkan dapat membunuh manusia. Jadi jangan sekali-kali meremehkan binatang-binatang yang akan dibahas berikut ini. Berikut ini adalah "20 Hewan Paling Berbahaya Di Dunia".

10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang

Terlalu banyak misteri yang kita tidak ketahui tentang lautan, diantaranya menimbulkan pertanyaan dan spekulasi tentang keberadaan makhluk lain di dunia ini. Dari binatang-binatang laut hingga kejadian-kejadian unik misterius yang akan menimbulkan banyak pertanyaan di benak kita. Berikut ini adalah "10 Misteri Lautan Yang Membuat Kita Semua Tercengang".

20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan

Source  Image Laut memanglah hal yang tidak akan habis untuk dibahas. Memang dua per tiga dari bumi ini adalah lautan jadi tidak menutup kemungkinan untuk menemukan hal-hal baru yang mungkin tak terduga. Salah satunya makhluk laut, baru-baru ini ditemukan banyak sekali jenis hewan laut yang beraneka ragam dari yang paling  berbahaya  hingga yang  tercantik . Apalagi pada laut dalam, banyak hewan yang ditemukan berpenampilan tidak enak untuk dipandang. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang "20 Hewan Laut Yang Berpenampilan Unik dan Menyeramkan".